Rabu, 21 November 2012

elvirafebriasan.byethost7.com


Sebelum dimandikan, kucing berbulu panjang sebaiknya disisir terlebih dahulu. Tujuannya agar terhindar dari bulu yang kusut dan gimbal. Bulu gimbal jangan digunting, tetapi diurai dengan tangan ataupun alat pengurai. Selanjutnya, kuku kucing dipotong agar terhindar dari cakaran saat memandikannya.
Untuk mandi jamur, terlebih dahulu bagian – bagian yang sakit di seluruh tubuh. Jamur biasanya menyerang di bagian dagu, ketiakan, lipatan paha, telapak kaki, ekor, dan pangkal ekor. Tungau scabies yang paling saling menyerang di bagian telinga luar dan ujung – ujung telinga dalam.
Tahapan memandikan kucing :

  1. ambil kucing dari kandang dengan lembut.
  2. Basahi seluruh tubuh kucing dengan air. Pastikan air membasahi seluruh bulu sampai ke kulit.
  3. Tuangkan sampo pada bulu yang basah, lalu ratakan dengan cara memijat lembut, mulai dari belakang telinga dan bawah dagu, lalu menyebrang ke punggung, perut, kaki dan ekor.
  4. Setelah sampo merata, sikat dan bersihkan bagian tubuh yang lain seperti kaki dan muka dengan sikat gigi. Selanjutnya, bilas seluruh tubuh kucing dengan air hingga bersih.
  5. Untuk bagian kepala, berikannsampo bayi atau sampo yang tidak pedih di mata agar bulu wajah bersih dan mengembang.
  6. Khusus untuk kucing berbulu warna tertentu digunakan sampo warna. Misalnya, sampo blue/super white untuk kucing puith. Tujuannya agar warna bulunya semakin muncul.
  7. Ulangi menggunakan sampo 2 – 3 kali, kemudian bilas sampai bersih.
  8. Tambahkan sampo protein jika bulu cenderung kering agar bulu tidak tampak kering atau mudah patah, lalu bilas hingga bersih.
  9. Setelah mandi, keringkan dengan kain atau handuk ataupun bahan yang menyerap air dengan baik.
  10. Selanjutnya keringkan kucing dengan pengering(hair dryer) atau blower sambil disisir. Lakukan dimulai dari bagian bawah perut, kaki, dan tangan, lalu menyebar ke ekor, punggung dan bagian dagu sekitar wajah hindari penyemprotan langsung ke arah telinga dan wajah kucing. Hal tersebut akan menyebabkan kucing menghindar. Pastikan bulu dan seluruh bagian tubuh kucing kering sampai ke kulit, terutama bagian bulu yang tebal seperti daerah perut kaki belakang, dan daerah antara kaki belakang pangkal ekor, dan telapak tangan. Pengeringan yang tidak sempurna akan menyebabkan jamur pada kucing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar